Pengelolaan Jerawat dengan Cara yang Mudah dan Alami

Mama Bilang – Hampir setiap orang pernah menderita jerawat pada satu waktu atau yang lain dalam hidup mereka. Ini terutama merupakan kelainan kelenjar sebaceous (kelenjar di kulit yang mengeluarkan zat berminyak) pada wajah, leher, dan punggung.

Ketika kelenjar sebaceous tersumbat oleh zat berminyak yang dihasilkannya, penumpukan tersebut menyebabkan jerawat. Ada berbagai bentuk jerawat, tetapi yang paling umum adalah acne vulgaris, yang terutama terlihat pada remaja.

Penyebab pasti jerawat tidak diketahui, namun faktor penyebab kondisi ini antara lain faktor keturunan, kulit berminyak, dan androgen. Faktor tambahan termasuk alergi, stres, penggunaan obat-obatan tertentu, kekurangan gizi, disfungsi hati, paparan polutan industri, kosmetik, dan siklus menstruasi bulanan.

Selain itu, kulit berfungsi untuk menghilangkan beberapa limbah beracun tubuh melalui keringat. Jika tubuh mengandung lebih banyak racun daripada yang sebenarnya dapat dikeluarkan oleh ginjal atau hati, kulit akan mengambil alih.

Bahkan, beberapa dokter menyebut kulit sebagai ginjal ketiga. Ketika racun keluar melalui kulit, mereka dapat membahayakan kesehatan dan integritas kulit, menimbulkan masalah. Beberapa dari rekomendasi ini mungkin memerlukan waktu 2-4 minggu untuk mendapatkan hasil atau perbaikan.

Cuka

Oleskan cuka putih suling (bisa diencerkan jika terlalu kuat) ke wajah dan area yang terkena. Biarkan selama 5-10 menit sebelum membilasnya dengan air dingin.

Lemon atau Buah Sitrat

Lemon atau buah sitrat apa pun bekerja sangat baik sebagai eksfoliator alami, mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat jet. Seperti cuka putih, oleskan jus satu lemon (atau jus lemon yang diinginkan) ke wajah Anda.

Biarkan mengering selama sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Anda mungkin merasakan sedikit perih atau terbakar saat jus lemon dioleskan. Jika demikian, pengenceran jus dapat diterima.

Air

Tingkatkan konsumsi air Anda. Air membantu membuang racun dan membantu mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh.

Nutrisi yang Tepat

Makan makanan yang seimbang untuk memastikan nutrisi yang tepat. Ambil suplemen multivitamin dan mineral berkualitas tinggi untuk mengganti nutrisi yang hilang dalam makanan hari ini.

Sejumlah besar vitamin A telah berhasil digunakan untuk mengobati jerawat yang parah. Namun, jumlah yang besar dapat menjadi racun dan hanya boleh digunakan saat bekerja dengan dokter Anda.

Pertimbangkan untuk menambahkan seng tambahan ke dalam diet Anda. Seng membantu penyembuhan jaringan dan membantu mencegah jaringan parut. Penting juga bagi tubuh untuk melawan infeksi dan peradangan.

Echinacea

Echinacea atau anggur Oregon dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Dandelion

Dandelion, burdock, atau semanggi merah dapat membantu menjaga hati bebas dari racun yang berlebihan. Untuk membersihkan dan menyembuhkan kulit Anda, cobalah obat jerawat homeopati. Ini dapat membantu mengeringkan jerawat dan mencegah wabah di masa depan.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengelola jerawat. Lakukan dengan rutin dan tidak berlebihan, ya. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan