Gambaran Singkat tentang Jerawat yang Bisa Muncul Pada Bayi

Mama Bilang – Bayi dapat mengalami jerawat karena hormon ibu yang tertinggal setelah melahirkan sehingga kelenjar sebaceous bayi terstimulasi. Bayi Anda menerima hormon ini dari plasenta setelah melahirkan.

jerawat yang muncul pada bayi
source: img-cdn.medkomtek.com

Jangan khawatir jika anak Anda memiliki jerawat. Sekitar 20% bayi baru lahir dipengaruhi oleh jerawat bayi, juga dikenal sebagai acne-neonatorum.

Beri tahu kami berbagai aspek dari jenis jerawat yang aneh ini. Untuk satu hal, mengobati jerawat pada masa kanak-kanak tidak sama dengan mengobati jerawat untuk kelompok usia lainnya.

Mengenal Berbagai Jenis Jerawat pada Bayi

Jerawat infantil berdasarkan jenis kelamin. Anak laki-laki lebih terpengaruh daripada rekan perempuan mereka. Bayi biasanya mengalami serangan jerawat pada usia 3 minggu. Beberapa anak memilikinya sejak lahir.

Umumnya jenis jerawat yang Anda temukan pada bayi baru lahir adalah papula dan pustula. Papula adalah benjolan merah dan pustula adalah titik putih. Mereka memiliki kumpulan nanah.

Beberapa anak juga memiliki jerawat di kulit kepala. Jerawat pada anak tidak memerlukan pengobatan seperti itu. Lesi akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu empat bulan. Tetapi rawat bayi secara normal seperti Anda merawat bagian tubuhnya yang lain.

Gunakan sabun bayi yang lembut dan bersihkan wajah Anda dengan lembut sekali sehari dengan air. Jangan mencoba cara yang lebih keras dengan menggunakan minyak dan losion lain yang menurut Anda bagus. Terkadang mereka dapat memperburuk kondisinya.

Ketahuilah dengan pasti bahwa jerawat masa kanak-kanak akan hilang saat dibutuhkan. Dalam keinginan Anda untuk memotret bayi, jangan menjejali pipinya dengan kosmetik dan jika Anda membutuhkan sentuhan ulang, lakukan secara imajinatif.

Jika Anda atau dokter Anda mendengar bahwa anak Anda memiliki jerawat yang parah, obati dia dengan benzoil peroksida, agen keratolitik, atau krim topikal seperti retinoid.

Jika Anda memiliki riwayat keluarga berjerawat, bukan berarti anak Anda akan berjerawat. Dan hanya karena anak Anda berjerawat, bukan berarti mereka akan menderita jerawat saat besar nanti. Jerawat memiliki cara kerja dan strategi serangan tersendiri.

Jerawat infantil, yang biasanya muncul setelah usia tiga bulan pada seorang anak, diam-diam menghilang setelah usia 12 bulan. Tidak diperlukan upaya perawatan khusus. Pada beberapa anak, kondisinya bisa bertahan hingga tiga tahun. Itu karena susunan genetik bayi Anda.

Jadi, jangan terlalu khawatir, ya. Konsultasikan semua masalah kesehatan anak pada dokter yang kompeten. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan