Cara Membangun Integritas Diri Bagi Pejabat Negara

integritas diri pejabat negara
source: pasundannews.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah integritas. Integritas adalah aspek penting yang harus dimiliki oleh setiap individu, baik yang bekerja di sektor swasta maupun pemerintahan.

Melansir dari laman Gramedia, integritas berasal dari bahasa latin integrate yang berarti sikap tegas untuk tidak ingin korupsi dan berpegang teguh pada prinsip.

Nah, berikut ini beberapa cara membangun integritas diri, terutama bagi kamu yang ingin bekerja di instansi pemerintahan, agar terhindar dari perilaku yang dapat merugikan negara dan menurunkan reputasi.

1. Memegang Teguh Prinsip yang Dimiliki

Setiap orang pasti memiliki prinsip yang dipegang erat-erat selama menjalani hidup. Prinsip ini bisa saja goyah karena beberapa faktor, salah satunya disebabkan oleh lingkungan yang toxic.

Bila ingin membangun integritas diri, maka mulailah dengan memegang teguh prinsip yang dimiliki.

2. Selalu Menepati Janji yang Telah Dibuat

Tak cukup dengan memegang prinsip, untuk membangun integritas, kamu perlu menepati janji yang telah dibuat. Itulah kenapa, setiap kata yang akan diucapkan harus dipikirkan baik-baik. Terutama untuk pejabat negara ataupun anggota parpol yang akan mengikuti pemilu.

Jangan sampai sembarangan mengumbar janji hanya untuk menarik simpati. Bila dirasa tidak mampu memenuhinya, maka jangan membuat janji yang terlalu muluk-muluk.

3. Memikirkan Konsekuensi Dari Tindakan yang Dilakukan 

Poin ketiga erat kaitannya dengan yang sebelumnya, yakni memikirkan konsekuensi dari setiap tindakan yang akan dilakukan.

Sekalipun tidak ada yang melihat, junjunglah moral dan etika bila ingin menjadi orang yang berintegritas. Selain itu, biasakanlah untuk berpikir sebelum bertindak. Pikirkan pula risiko yang mungkin saja timbul dari perilaku ataupun kalimat yang akan kamu ucapkan.

4. Pilihlah Circle yang Tepat

Tak bisa dipungkiri bahwa circle atau lingkar pertemanan mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang. Lingkungan yang buruk, sering korupsi, dan menyalahgunakan jabatan akan mempengaruhi seseorang untuk melakukan hal yang serupa.

Oleh karenanya, kamu perlu menjalin pertemanan dengan orang-orang yang tepat bila ingin menjadi sosok yang berintegritas.

5. Latih Tindakan yang Mendukung Integritas

Cara yang juga bisa dilakukan untuk membangun integritas ialah dengan melatih tindakan yang mendukung integritas itu sendiri.

Kamu bisa memulainya dengan menolak suatu tindakan yang menyalahi prinsipmu. Selain itu, mulailah meningkatkan kejujuran, tanggung jawab, dan lebih berani mengeluarkan pendapat.

6. Paradigma Baru Tentang Uang

Menumbuhkan integritas dalam diri juga bisa dilakukan dengan membuat paradigma baru tentang uang. Maksudnya, jangan terlalu mendewakan uang, karena integritas seseorang dapat hilang akibat kesombongan atas uang yang diterimanya.

Tak hanya itu, integritas juga bisa menghilang akibat kepentingan diri sendiri dan golongan, kekuasaan, serta keserakahan.

Seseorang yang mendewakan uang juga akan memandang segalanya dapat dibeli dengan uang. Akibatnya, paradigma keliru inilah yang membuat banyak orang melakukan korupsi tanpa rasa bersalah.

7. Berkata Jujur 

Kamu pasti sering mendengar nasihat untuk tidak berkata bohong. Berlaku jujur ternyata menjadi salah satu cara menumbuhkan integritas diri. Sekali saja seseorang berkata bohong, maka akan lahir kebohongan-kebohongan lain karena pikiran, hati, dan tindakan sudah teracuni.

Karena itulah menjadi sosok yang berintegritas, diperlukan kejujuran dalam berbagai aspek yang dimulai dari jujur terhadap diri sendiri. Dengan begitu, kamu akan terbiasa jujur terhadap siapa pun, termasuk dalam mengemban tugas di pemerintahan.

8. Konsisten dengan Kebiasaan yang Berintegritas

Untuk membangun integritas tidak cukup dengan sehari saja. Kamu perlu berlatih dan konsisten pada prinsip-prinsip yang kamu pegang. 

Untuk lebih mengetahui mengenai prinsip integritas serta sikap antikorupsi, kamu pun bisa mengikuti program-program integritas seperti yang ada di situs ACLC KPK guna membangun integritas diri.

 

Source:

https://glints.com/id/lowongan/membangun-integritas-diri/

https://www.gramedia.com/literasi/apa-itu-integritas/

Tinggalkan Balasan