Inilah Durasi Tidur Siang Anak yang Tepat

manfaat tidur siang bayi
source: o-cdn-cas.sirclocdn.com

Tidur siang adalah suatu kegiatan yang sangat diidam-idamkan sebagian besar orang dewasa. Sebab, mereka sudah disibukkan dengan pekerjaan. Baru bisa merasakan nikmatnya tidur siang hanya saat akhir pekan. Berbanding terbalik dengan anak-anak atau bayi yang punya lebih banyak waktu untuk tidur siang.

Secara psikologi, tidur siang bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi si kecil. Manfaat tidur siang bayi lainnya ialah membantu perkembangan otaknya agar bisa tumbuh secara optimal. Tidurnya pun lebih nyenyak di malam hari.

Durasi Anak Tidur Siang

Durasi tidur siang si kecil sebenarnya tergantung pada usia anak. Umumnya, bayi baru lahir membutuhkan waktu total tidur sekitar 14 – 18 jam. Ketika mendekati usia empat bulan, ritme tidur si kecil akan menjadi lebih teratur. Bayi bisa tidur siang selama tiga jam sehari dan kurang lebih 12 jam saat malam hari.

Lalu, pada usia 6 – 12 bulan bayi biasanya tidur total sekitar 14 jam dalam sehari. Itu sudah termasuk dua kali tidur siang, yang berlangsung selama sekitar 20 menit hingga dua jam. Anak usia 1 – 3 tahun memerlukan waktu tidur 12 hingga 14 jam sehari. Usia 3 – 5 tahun membutuhkan waktu 11 – 12 jam per hari.

Sedangkan untuk anak yang memasuki usia sekolah, yakni usia 5 hingga 12 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 10 – 11 jam dalam sehari. Tidak mungkin jika waktu tidur tersebut bisa dilakukan sekaligus pada tidur malam.

Orang tua bisa menyesuaikan tidur siang anak sekitar 1 – 3 jam. Itu sudah ditotal dengan tidur malamnya agar waktu tidur anak tidak kurang atau berlebihan. Namun idealnya, waktu untuk tidur siang disarankan hanya 1 – 1,5 jam saja.

Dampak Anak Kurang Tidur

Ketika anak kurang tidur akibat tidak tidur siang, biasanya akan berdampak pada tingkah lakunya sehari-hari. Dampak yang paling utama adalah anak akan menjadi lebih rewel dari biasanya. Terlebih jika hal ini terjadi pada anak yang masih berusia 1 – 3 tahun.

Anak bisa menangis sejadi-jadinya sebagai luapan rasa lelah fisik dan emosionalnya. Selanjutnya, anak yang kurang tidur juga tidak akan mampu melakukan interaksi sosial dengan orang lain. Anak juga menjadi kurang sabar karena fisik yang lelah dan konsentrasi yang berantakan.

Itulah ulasan mengenai durasi tidur siang anak atau bayi yang tepat, agar berbagai manfaat tidur siang bayi bisa dirasakan si kecil. Cari tahu informasi menarik lainnya seputar bayi dan anak di situs momma.id. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan