Cara Mengemas dan Mengirim Poster Secara Benar dan Aman

cara mengemas dan mengirim poster
source: www.unionlogistics.co.id

Salah satu pelayanan yang dapat dilakukan oleh jasa pengiriman saat ini adalah mengirim poster. Sejak adanya kemajuan teknologi, memang hampir setiap jenis barang atau jasa sudah dapat dijual secara online.

Tidak terkecuali jasa sekaligus penjualan poster, saat ini sudah bisa dilakukan secara online. Tentu pengemasannya harus benar-benar diperhatikan supaya kondisi posternya tetap baik dan aman saat diterima pelanggan.

Terlebih barang cetakan seperti ini tentunya rawan sobek jika dikemas dengan kurang tepat. Maka dari itu, diperlukan packing sekaligus pengiriman secara berhati-hati demi menghindari masalah tersebut.

Beberapa Metode Mengemas Poster

Dalam mengemas barang berupa poster, setidaknya terdapat dua cara yang dapat dilakukan. Kamu bisa mengemas posternya tanpa dilipat atau bisa juga dengan menggulungnya, berikut penjelasannya.

1.      Tanpa Melipat

Cara mengemas yang pertama sebelum diberikan kepada jasa pengiriman ialah tanpa melipat atau menggulungnya. Jika ingin menerapkan metode ini, langkah pertamanya ialah menyiapkan potongan kardus sebanyak dua lembar.

Potongan kardus tersebut harus diperhatikan, yakni harus sedikit lebih besar dibandingkan posternya. Apabila ukurannya sudah benar, selanjutnya posternya diletakkan di salah satu potongan kardus tersebut.

Setelah diletakkan dengan rapi, taruhlah potongan kardus lainnya untuk menindih posternya. Langkah selanjutnya, pinggiran kardus perlu direkatkan menggunakan selotip, jadi posternya dijepit antara dua potongan kardus tadi.

Setelah direkatkan, berikutnya adalah memasukkan potongan kardus tersebut ke kantong plastik demi menjaga posternya. Kantong plastik tersebut perlu dilipat serta dipasangi selotip agar makin aman.

2.      Digulung

Selain mengemasnya tanpa dilipat, bisa juga dengan cara menggulungnya sebelum akhirnya diserahkan ke jasa pengiriman. Metode satu ini lebih ringkas sebab tidak terlalu memakan banyak tempat dibanding metode sebelumnya.

Langkah pertama dimulai dengan mengetahui ukuran posternya secara tepat. Kemudian, kamu perlu menyiapkan tabung khusus sebagai wadah, misalnya berupa dus berbentuk tabung atau pipa paralon.

Tabung khusus tersebut ukurannya harus sesuai berdasarkan ketebalan posternya sehingga lebih aman. Setelah itu, gulung posternya secara berhati-hati, yakni menggulung di antara dua lembar kertas kraft untuk memproteksinya.

Di sekeliling area tengah, bisa ditambahkan bubble wrap, kemudian merekatkannya menggunakan selotip. Sekarang masukkanlah gulungan tadi ke tabung khusus. Pada pangkal sekaligus ujung tabung, tutuplah menggunakan plastik atau kertas tebal.

Langkah terakhir, gunakan pita kemasan khusus yang direkatkan menggunakan selotip supaya lebih aman. Bisa juga menambahkan stiker fragile di bagian luar tabung agar pihak jasa pengiriman lebih berhati-hati membawanya.

Panduan Mengirim Poster dengan Benar

Setelah dikemas secara benar, selanjutnya paket poster tersebut bisa mulai dikirim kepada penerima. Langkah pengirimannya tidak boleh sembarangan agar nantinya barang dapat sampai secara aman tanpa cacat.

1.      Jasa Kredibel

Untuk memastikan posternya sampai dengan aman kepada penerima, perlu memilih jasa pengiriman yang kredibel. Dengan jasa kredibel dan profesional, paket akan dikirim secara aman sehingga pelanggan tidak merasa kecewa.

2.      Alamat Jelas

Jika jasanya sudah kredibel, jangan lupa untuk menuliskan alamat tujuan secara lengkap dan jelas agar mudah dipahami. Hal tersebut akan memudahkan kurir dalam mengirimkan paketnya sehingga bisa meminimalkan kesalahan.

3.      Fitur Sesuai Kebutuhan

Selain itu, perlu juga untuk memilih fitur sesuai kebutuhan, yakni berdasarkan permintaan dari pelanggan. Jika pelanggan meminta posternya sampai dalam satu hari, berarti pilihlah fitur one service day.

Selain itu, jangan lupa memberikan nomor resi kepada pelanggan serta selalu mengecek status pengiriman. Apabila terjadi kesalahan atau masalah, jangan ragu menghubungi pihak CS jasa pengiriman agar bisa segera ditindaklanjuti.

Tinggalkan Balasan