Sebelum Kamu Tambal Gigi, Yuk Ketahui Beberapa Hal Berikut Ini!

tambal gigi

Tambal gigi adalah salah satu prosedur perawatan gigi yang berguna untuk memperbaiki gigi rusak atau berlubang. Umumnya, prosedur sederhana ini tidak membutuhkan banyak waktu, kurang lebih hanya 1 jam saja.

Sebelum kamu melakukan penambalan gigi, dokter akan membahas berbagai bahan yang bisa berguna sebagai pengisi rongga gigi yang berlubang. Apa sajakah itu? Berikut ini beberapa pilihan yang sering digunakan yang wajib kamu ketahui untuk pertimbangan.

Tambalan dari Amalgam

Tambalan gigi yang satu ini adalah kombinasi dari merkuri dengan beberapa logam. Bahan tambal ini memang mempunyai harga yang lebih terjangkau, tetapi sudah mulai ditinggalkan karena adanya potensi efek toksiknya dan pencemaran lingkungan karena adanya kandungan merkuri atau air raksa.

Warna amalgam juga tidak dapat dibuat sama dengan sewarna gigi, sehingga memiliki nilai estetik yang buruk. Walaupun amalgam dapat bertahan lama, penambalan dengan bahan ini membutuhkan pengambilan jaringan gigi yang cukup banyak, sehingga tidak sesuai dengan prinsip minimal invasive pada kedokteran gigi di era modern ini, sehingga penambalan dengan amalgam sudah ditinggalkan.

Tambalan dari Komposit

Tambalan jenis ini merupakan kombinasi dari beberapa partikel kaca atau kuarsa dan resin akrilik. Tambalan komposit terus mengalami perkembangan hingga sekarang, dan termasuk tambalan yang tahan lama.

Tambalan komposit dapat bertahan pada gigi pasien selama 5-10 tahun, atau bahkan lebih dengan perawatan yang tepat. Tambalan komposit juga memiliki nilai estetik yang baik karena dapat disesuaikan dengan warna gigi. Kini, komposit menjadi pilihan utama bila Anda ingin melakukan penambalan gigi.

Tambalan dari Ionomer Kaca

Tambalan jenis ini memiliki warna yang hampir mirip dengan gigi, namun tidak sekuat tambalan dari jenis komposit.

Tambalan ionomer kaca ini berasal dari akrilik dan sejenis kaca yang mempunyai kandungan fluorida dan bisa membantu mencegah gigi berlubang. Ionomer kaca ini sering direkomendasikan untuk pasien anak-anak.

Tambalan dari Emas

Tambalan jenis ini adalah kombinasi dari emas dan dapat menjadi alternatif bagi pasien yang alergi terhadap bahan tambal komposit atau ionomer kaca, walaupun hal ini sangat jarang terjadi.

Tambalan emas harus dibuat di laboratorium terlebih dahulu, baru nanti akan dilekatkan ke gigi dengan semen khusus. Tambalan ini mampu bertahan selama 15 sampai 20 tahun.

Proses Menambal Gigi yang Berlubang

Biasanya, untuk melakukan prosedur penambalan gigi, dokter akan memulainya dengan memeriksa kondisi rongga mulut. Bahkan jika diperlukan, dokter bisa melakukan rontgen gigi untuk melihat lebih detail tingkat kerusakan gigi.

Pertama, dokter gigi akan mengambil jaringan gigi yang sudah rusak menggunakan dental bur. Pada beberapa kasus, dokter gigi dapat memberikan anestesi lokal untuk menghilangkan rasa nyeri pada saat prosedur berlangsung.

Kemudian, daerah yang akan ditambal, akan dibersihkan dan dikeringkan oleh dokter gigi. Lalu, dokter perlahan mulai mengisi lubang pada gigi dan membentuk / mengukir sesuai dengan anatomi gigi. Jenis tambalan seperti komposit perlu dilakukan penyinaran dengan light cure untuk mengeras.

Selanjutnya, dokter akan memoles gigi pasien dan memastikan bahwa gigitannya telah benar. Pada beberapa kasus, gigi yang baru ditambal dapat menimbulkan sedikit ketidaknyamanan seperti rasa ganjal atau lebih sensitif. Namun, hal ini sangat wajar dan akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Kontradiksi Prosedur Tambal Gigi

Tambal gigi merupakan tindakan yang aman untuk perawatan gigi rusak. Namun, yang menjadi fokusmu adalah jenis bahan tambalan gigi itu sendiri. Pasien yang mempunyai riwayat alergi terhadap bahan akrilik, logam, atau resin, sebaiknya tidak menggunakan tambalan yang mengandung campuran bahan tersebut.

Selain itu, tambalan gigi dengan bahan amalgam yang mengandung merkuri, sebaiknya pasien menghindarinya jika pasien berusia kurang dari 6 tahun, sedang hamil, sedang menyusui, menderita penyakit saraf, dan memiliki penyakit ginjal.

Tentunya, sebelum melakukan tindakan penambalan gigi, kamu harus melakukan konsultasi dengan dokter spesialis terpercaya seperti dokter dari Happy Dental Clinic.

Happy Dental Clinic telah menyediakan tim dokter gigi yang berpengalaman dan profesional untuk membantu mewujudkan gigi sehat, cemerlang, dan rapi sehingga nampak menawan. Tidak hanya itu, klinik ini juga mempunyai peralatan berteknologi canggih dengan standar internasional yang selalu diutamakan kebersihannya.

Penasaran dengan pelayanan dari Happy Dental Clinic? Yuk, segera cek lokasi tambal gigi terdekat hanya di www.happydentalclinic.com. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan