Panduan Pertolongan Pertama untuk Penderita Serangan Jantung

pertolongan pertama pada serangan jantung
source: cms.gooddoctor.co.id

Serangan jantung merupakan keadaan darurat yang membuat aliran darah yang membawa oksigen ke jantung tiba-tiba terhambat. Kondisi seperti ini memang bisa terjadi kapan pun dan di mana pun. Oleh sebab itu, penting untuk kamu mengetahui cara menolong penderita serangan jantung.

Dengan kamu melakukan pertolongan pertama, setidaknya kamu bisa membantu mencegah terjadinya hal yang lebih parah. Berikut ini panduan pertolongan pertama pada serangan jantung.

Menghubungi IGD RS Terdekat dengan Segera

Guna memberikan pertolongan pertama pada seseorang yang sedang mengalami serangan jantung, kamu perlu segera menghubungi Instalasi Gawat Darurat (IGD) terdekat. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi orang terdekat yang bisa membawanya ke rumah sakit dengan cepat.

Melonggarkan Pakaian

Ketika terdapat orang yang mengalami serangan jantung, sebaiknya langsung longgarkan pakaian yang dikenakan. Hal tersebut bertujuan supaya tidak semakin terasa sesak, apalagi jika baju yang dipakai termasuk ketat.

Memberikan Bantuan RJP

Apabila penderita hingga tidak sadarkan diri, maka segera berikan bantuan RJP berupa teknik pemberian napas buatan atau teknik kompresi dengan benar. Bagi yang belum memperoleh pelatihan RJP, sebaiknya lakukan tindakan kompresi dada saja.

Kamu bisa melakukannya dengan cara meletakkan satu telapak tangan di bagian tengah dada penderita. Kemudian, letakkan satu tangan lainnya di atas tangan pertama. Selanjutnya, rapatkan jari-jari kedua tangan dan lakukan penekanan pada bagian dada hingga 5-6 cm ke bawah, lalu lepaskan.

Lakukan tindakan kompresi dada sebanyak 100 hingga 120 kali setiap menit sampai pertolongan pihak medis datang atau penderita merespon. Lakukan secara bergilir dengan penolong lainnya apabila kamu merasa lelah.

Menghindari Kepanikan Berlebih

Salah satu langkah yang tepat dalam mengatasi suatu keadaan darurat, yakni jangan panik secara berlebihan. Panik dapat membuat keadaan semakin parah sehingga berusahalah untuk tetap tenang dan yakin bahawa semua akan segera tertangani.

Kamu harus mampu berpikir logis dan mengatur strategi seperti menelpon pihak RS untuk mendatangkan pertolongan atau ambulans.

Primaya Hospital adalah rumah sakit dengan standar internasional yang mempunyai tim medis berkompeten dengan dukungan peralatan modern dan menyediakan layanan ambulans 24 jam untuk membantu siapa saja.

Ambulans dari Primaya Hospital tergabung dengan Unit Gawat Darurat (UGD) yang ditangani oleh dokter senior dan dokter jaga dari berbagai spesialisasi.

Cukup hubungi nomor ambulans di 150 108. Operator Ambulance Call Center akan segera mencatat permintaanmu dan melakukan koordinasi dengan tim medis yang bertugas. Yuk, selamatkan nyawa penderita dengan tindakan yang tepat bersama Primaya Hospital!

Tinggalkan Balasan