Bantu Sahur Anak-anak Kurang Mampu Lewat Donasi Nutrisi dari UNICEF

donasi makanan

Pelaksanaan donasi nutrisi yang UNICEF selenggarakan ditujukan untuk meningkatkan kesehatan anak-anak di seluruh Indonesia. Termasuk di bulan Ramadhan saat sebagian besar anak memerlukan makanan bergizi agar kondisi tubuh tetap segar dan bugar seharian. Apalagi kalau mereka sedang belajar berpuasa sebagai salah satu kewajiban dalam agama Islam.

Seperti apa makanan bergizi yang dimaksud? Berikut rekomendasi yang dapat disiapkan untuk memenuhi asupan nutrisi anak saat sahur!

Roti dan oatmeal

Jika anak sulit menyantap nasi saat sahur, roti dan oatmeal dapat menjadi alternatif yang Anda pertimbangkan. Keduanya merupakan sumber karbohidrat kompleks yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Selain itu, oatmeal dan roti, terutama roti gandum, mengandung asam folat, zat besi, vitamin B, hingga kalium.

Daging dan ikan

Apabila ekonomi keluarga mencukupi, tak menutup kemungkinan anak-anak dapat menikmati daging dan ikan sebagai menu sahur. Daging tanpa lemak dari ayam maupun sapi akan membantu penambahan energi. Sementara ikan seperti tongkol, sarden, dan salmon memasok omega-3 dan kandungan bermanfaat lain yang menyehatkan tubuh.

Telur 

Sumber protein hewani seperti telur sering disiapkan untuk sahur karena mudah diolah. Walau harganya lebih murah dibandingkan daging, telur kaya akan lemak, kalori, vitamin, mineral, hingga karoten. Anda juga dapat mengganti sumber protein dengan tempe dan tahu sebagai variasi agar anak tidak cepat bosan.

Wortel dan pisang

Untuk variasi sayur dan buah, Anda bisa menyiapkan wortel dan pisang. Wortel kaya akan kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, hingga zat besi. Sementara pisang dikenal sebagai salah satu buah yang mudah dikonsumsi dan akan membantu melancarkan sistem pencernaan mereka. Kedua sayur dan buah ini dapat diolah sesuai kebutuhan maupun selera si Kecil.

Makanan-makanan di atas memang mudah diperoleh. Akan tetapi, anak-anak dari keluarga yang kurang mampu membutuhkan donasi UNICEF. Oleh karena itu, Anda jangan ragu untuk membantu melalui program UNICEF dalam misi memenuhi gizi anak-anak Indonesia. Mari bersama berkontribusi menjadi Pendekar Anak UNICEF sekarang!

Tinggalkan Balasan